Zoho Mail: Cara Membuat Email Custom Domain Gratis Selamanya

311
0
Membuat Email Profesional Gratis Selamanya Zoho Mail

Aorlin.com – Membuat Email Custom Domain Gratis Selamanya Dengan Zoho Mail – Apakah sobat Blogger sekalian sudah pernah menggunakan layanan Zoho Mail?,

Zoho Mail adalah salah satu perusahaan yang menyediakan platform email terbaik di dunia. Tapi faktanya memang di Indonesia mereka tak begitu populer.

Sehubungan dengan itu, diawal postingan kali ini Aorlin akan memberikan sedikit pengenalan tentang Zoho Mail.

Sejak Awal perusahaan tersebut memang ditargetkan untuk penggunaan bisnis dan profesional.

Sama hal nya dengan google, mereka tak mengambil keuntungan dari pengguna individual.

Bisa kita lihat dihalaman webmail nya pun benar-benar bersih dari iklan, sangat berbeda dengan platform email lainnya, misalnya Outlook, Yahoo, Mail, Aol dan lainnya yang dipenuhi oleh iklan yang menjenuhkan.

Secara Interface dan Fitur, sekali lagi Zoho Mail ini sangat mirip dengan Gmail nya google, ada banyak layanan terkait yang umumnya diperlukan oleh para profesional, seperti penyimpanan file, kontak, dokumen dan lain sebagainya.

Aorlin.com | Zoho Mail: Platform Email Bisnis Gratis

Kembali ke judul, langsung saja Aorlin kasih panduan sederhana bagaimana cara membuat alamat email custom domain gratis selamanya di platform Zoho Mail.

Oiyasebelumnya kan Aorlin sudah tuliskan cara buat email domain sendiri dengan Google G Suite.

Cara Membuat Email Custom Domain Gratis Selamanya Di Zoho Mail

Oke sama dengan proses pembuatan akun-akun lain pada umumnya, disini pun kita membutuhkan beberapa syarat wajib seperti:

  1. Nomor Ponsel yang aktif untuk verifikasi.
  2. Domain dengan kontrol panel penuh agar bisa setting record DNS.
  3. Dan lain-lainnya bisa lihat sendiri nanti, karena Aorlin sudah agak lupa, wkwkwk.
Setelah itu silakan meluncur ke halaman web nya ini Zoho Workplace, yap masukin deh domain yang kamu miliki disitu. Lanjut ke form isian identitas kan, isi dengan benar dan tunggu sms verifikasinya. Sesudah konfirmasi kode verifikasi tadi, kita diarahkan ke halaman persiapan akun.
Hal pertama disitu kita diharuskan untuk memverifikasi kepemilikan domain dengan beberapa cara seperti menambahkan TXT Record, CNAME dan lainnya, silakan pilih salah satunya mana yang dirasa paling mudah. Selanjutnya selesaikan semua proses yang tampil dihalaman hingga semuanya tercontreng.
Setelah membereskan task diatas, sudah bisa dikatakan akun kita sudah jadi, namun terkadang butuh waktu beberapa menit lagi hingga semuanya benar-benar beres.
Di halaman kontrol panel akunnya, pada tab “Domain” kita bisa lihat mana yang beres dan mana yang belum, kalo belum ya tinggal klik dan ikuti saja instruksi ataupun petunjuknya.
Tuh lihat SS nya akun Aorlin yang mana poin Verified, MX Record, SPF dan DKIM nya sudah tercontreng, artinya sudah fix dan siap pakai tu. Tapi sekali lagi terkadang butuh waktu hingga 30 menit untuk menyelesaikan proses pergantian DNS recordnya, jadi tinggal tunggu saja yah.
Berbeda dengan akun G Suite yang gratisnya cuma 14 hari, disini kita mendapatkan gratis selamanya, tanpa iklan pulak, yaaah setidaknya sampai mereka mau, wkwkwk.
Bagi kamu yang bisnisnya udah lumayan, tak ada salahnya untuk upgrade akun kalo sudah waktunya.
Karena dengan akun gratis kita cuma dikasih 5 gb penyimpanan, tapi itu sudah lebih dari cukup kok kalo rajin dibersihkan.

Kekurangan dan Kelebihan Zoho Mail

Berdasarkan pengalaman Aorlin yang sudah menggunakan platform Zoho Mail kurang lebih 5 tahunan ini, ada beberapa kelebihannya jika dibandingkan dengan penyedia server-server email lainnya,  adalah sebagai berikut;
  • Bisa bebas pakai secara gratis selamanya.
  • Server lancar banget, per sekian detik email langsung masuk dan terkirim.
  • Bebas dari segala jenis dan rupa konten periklanan, baik akses dari halaman web ataupun aplikasi.
  • Walau gratis, kita tetap bisa membuat alamat alias email dengan satu akun domain.
  • Jika mau berlangganan paket dan fitur pro, biaya terendah lebih murah dibandingkan G Suite ataupun yang lainnya, hanya berkisar $1 sampai $6 per bulan.

Selain itu juga ada beberapa kekurangan yang sedikit meresahkan tapi gak ngaruh juga sih, ini nih;

  • Akun gratis tak bisa menggunakan fitur Forward mail.
  • Penyimpanan cuma 5 Gb, kecil sekali dibandingkan versi gratis dari Gmail.
  • Aplikasi atau Email client yang nggak bersahabat dengan platform-platform lain, jadi satu aplikasi cuma untuk email Zoho doang, namun bisa multi akun, sedangkan aplikasi email-email yang lain bisa nyampur antara Gmail, Yahoo, Outlook dll di satu aplikasi.
Hadeeeeh udah ya, sekian catatan Aorlin mengenai Zoho Mail dan cara membuat email dengan custom domain disana.
Lain-lain hal dan sebagainya mari kita obrolkan di kolom komentar, see ya !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here