Cara Buat Shortlink Dengan Domain Sendiri Untuk Pengguna Blogger

469
7
Cara Buat Shortlink Domain Sendiri Gratis
AORLIN – Cara Buat Shortlink Dengan Domain Sendiri Untuk Pengguna Blogger – Hello world, singkatnya Shortlink adalah sebuah layanan yang dapat mengkonversi sebuah url atau link yang semulanya panjang menjadi pendek. Terdapat berbagai mekanisme pengiriman url pendek untuk kembali ke tujuan url atau link asalnya. Ada yang langsung atau direct, ada pula yang dimanfaatkan untuk menampilkan konten-konten advertorial sebelum dikembalikan ke url asal.
Nah kali ini Aorlin akan berbagi sedikit pengalaman tentang bagaimana cara membuat Shortlink dengan menggunakan domain sendiri bagi pengguna blogger. Kenapa hanya blogger??, karena bagi pengguna WordPress ataupun CMS lainnya sudah bisa membuat Shortlink sendiri tanpa bantuan pihak ketiga.
Lantas kenapa kita butuh Shortlink??, Sebetulnya sih gak butuh-butuh banget, kalo Aorlin sendiri mau pakai Custom Shortlink hanya untuk belajar dan proses menguasai semua potensi yang dimiliki, khususnya pada konteks ini ya kepemilikan domain TLD. Selain itu kan keren juga kalo lagi sharing url di sosmed, url nya pendek guys. 😉
Sama seperti sebelum-sebelumnya, ada beberapa standar Aorlin dalam menggunakan suatu layanan ataupun WebApp sejenisnya. Yang pertama harus bisa gratis, terus punya fitur yang fungsional, dan terakhir hasilnya mesti memenuhi kebutuhan, hahaaaa.

Cara Membuat Pemendek Url Atau Shortlink dengan Domain Sendiri

Ok world, sebelum lanjut membuat kustom shortlink, disini ada beberapa syarat dan perlengkapan penting yang diperlukan nih;
  1. Motivasi.
  2. Domain tld yang dilengkapi Full Control Panel.
  3. Segelas bandrek kalo dingin, atau segelas es tebu kalo cuacanya panas.
Kalo alat tempurnya sudah siap mari kita lanjut, disini Aorlin bagi menjadi 2 langkah atau tahapan proses pembuatannya. Yang pertama adalah membuat akun layanan, dan yang kedua menghubungkan layanan Shortlink engine nya dengan domain tld kita. Lanjut….
Ada beberapa layanan Shortlink Custom yang sudah Aorlin coba, namun disini kita akan menggunakan layanan SHORT.CM, karena ini yang paling cocok dengan standar spesifikasi Aorlin tadi dan juga kompatibel ketiga digunakan dengan Android.
Ya udah langsung saja bikin akun disana dengan cara registrasi ke sebuah layanan online pada umumnya, masukkan email, kata sandi, terus verifikasi tuh emailnya biar valid. Nah selanjutnya dihalaman utama akun tersebut akan tampil semacam instruksi kek gini nih;
Dan itulah langkah kedua yang Aorlin katakan tadi diatas, udah langsung ikuti saja instruksinya guys, masuk ke kontrol panel domain nya dan tambahkan 2 record A domain denga ip yang sudah disediakan, setiap pengguna biasa beda-beda, ss diatas cuma contoh karena itu punya Aorlin. Sekitar 1- 3 menit biasa udah jalan kok, dan Shortlink Domain sendiri kamu sudah bisa digunakan.
Udah ya sementara segini dulu, dalam penggunaannya Aorlin yakin sobat-sobat Blogger sekalian pasti udah paham, gak sulit kok. Sekian artikel pengalaman tentang bagaimana cara membuat pemendek url dengan domain sendiri khusus pengguna blogger. See ya!!

7 KOMENTAR

  1. Kalau untuk costum DNS nya, sama dengan kita pointing domain ke blogger yah?
    Saya mau coba pakai sub domain dr domain utama. Apakah bisa?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here