Cara Atasi Printer Tak Terhubung Ke Komputer

125
0
Mengatasi Printer Epson L350
Mengatasi Printer Epson L350

Terkait dengan judul postingan kali ini, Cara Atasi Printer Tak Terhubung Ke Komputer. Didasari oleh satu pengalaman menarik yang cukup melelahkan.

Hingga saat ini, masih tak diketahui apa penyebabnya pastinya. Yang penting cara mengatasi masalah kenapa printer tak terhubung ke komputer ini sudah terselesaikan.

Jadi begini ceritanya… 😉

Masalah Printer Tak Terbaca Di Komputer

Di dalam kisah ini, Aorlin berhadapan dengan satu set Printer sekaligus Scanner Epson L350 lawas bat. Dan satu set Laptop High End (rakitan) Windows 8.1 Enterprise bajakan. wkwkwk

Sebetulnya itu Laptop berjalan diatas Multiboot, yang satunya lagi kebetulan saya sedang pakai Mint 19.1 Tessa. Namun yang jadi biang masalahnya tak lain adalah ketika sedang menggunakan Windows 8.1.

Cara Atasi PRinter Epson L350 Tak Terhubung Dengan Komputer

Eh hari gini kok Aorlin masih pakai Windows 8.1 yak??, hmmm anu jawabannya merasa masih nyaman aja kok. Lagian di fasilitas pekerjaan sudah menggunakan Windows 10, dan terkadang ada beberapa hal yang masih mengganggu.

Dan sebagai pendukung aktifitas Blogging, malah dari dulu saya pakai Mint kok daripada Windows. Windowsnya hanya sebagai serep dan buat urusan dokumen saja.

Oke kembali ke judul…, berhubung saya sangat jarang menggunakannya jadi selama 2 bulan terakhir itu printer dipinjamkan kepada keponakan yang masih SMA. Karena punya dia rusak dan waktu itu lagi persiapan ujian.

Hmm saya sendiri tak begitu mengharapkannya kembali sih, tapi ternyata dikembalikan karena sekarang ujiannya sudah selesai dan tak intensif lagi. Lagipula dia sudah minta belikan yang baru katanya, persiapan buat kuliah. wkwkwk

Nah disini nih masalahnya mulai muncul, entah kenapa ketika ditancap usb yang menghubungkan antara Printer dan Laptop malah tak terdeteksi sama sekali.

Semua driver dirasa sudah benar dan malah saya ada download belasan driver untuk memastikannya. Hasilnya tetap sama, tak terdeteksi sama sekali, aneh kan…

Tapi di laptopnya si bocah malah bisa dan aman-aman saja, oh awalnya saya kira kabelnya nih mungkin. Biasa karena jarang dipakai pada sock usb nya memang ada korosi cukup banyak.

Beli kabel baru lagi ceritanya, dan setelah ditancap tetap saja tak terdeteksi bat.., fix ada yang salah dengan Windows ane nih. Tes di Tessa, bisa wkwkwk, iya bisa banget seperti tak ada masalah sama sekali.

Hmm lanjut iseng instal Windows baru, kali ini windows 10 yang memang kebetulan saya menyimpan ISO nya buat persiapan. Sama, hasilnya bisa banget, laaaah jadi beneran Win 8.1 nya ini yang bermasalah.

Padahal sebelumnya di Win 8.1 lancar jaya kok, kembali ke Google. Banyak sekali artikel yang saya baca, software yang saya download namun tak membuahkan hasil.

Cara Atasi Printer Tak Terhubung Dengan Komputer

Di hari ketiga…, entah apa yang merasuki akhirnya saya mendapatkan hidayah yang tak diduga-duga. Sekali lagi karena iseng banget nih, buka Services.msc.

Mengatasi Printer Tak Terhubung Dengan Komputer

Disana saya menyisir kata plug dan print, benar saja ada satu sistem bernama “Print Spooler” yang dalam kondisi Disable. Hah disable??, iya siapa yang Disable itu?? Entahlah wkwkwk

Hadeeeh 2 hari kemarin ngapain aja jon…., ini tinggal di set Run dan Automatic saja ternyata. Iya cukup begitu hubungan Printer dan Laptopnya sudah sudah kembali membaik seperti sedia kala lagi.

Pertanyaannya…. itu service Print Spooler siapa yang disable coba?? Aneh bukan?? Ya sudahlah biarkan saja, anggap saja ini ujian wkwkwk.

Dan ternyata, bapak-bapak yang bekerja dibalik Website Microsoft juga sudah membuat artikel tutorial tentang Cara Memperbaiki Masalah Print Spooler Yang Tidak Bekerja bat.

Terakhir, berhubung semuanya sudah baikan, maka Aorlin batal dong membuat artikel tutorial yang keren tentang bagaimana Cara Atasi Printer yang tak mau terhubung dengan komputer.

Iya cukup cerita pengalaman ini saja 😉 , tapi lumayanlah buat dicatat agar tak hilang begitu saja. Gimana bat?, pernah mengalamai kekonyolan serupa?? Sekian yah, semoga bermanfaat dan see ya!

Baca: Atasi Virus Flashdisk Tanpa Antivirus, Bisa?

Keterangan:
Bat: Sobat, tanpa alasan yang jelas, mulai saat ini Aorlin mengganti penggunaan kata Guys, World dan sebagainya menjadi “Bat”, sip gitu aja 😉

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here