Cara Mengetahui Rahasia Blog Orang Lain – Blogger Kepo

1102
43
Blogger Kepo
Blogger Kepo

Kali ini Aorlin akan membahas Cara Mengetahui Rahasia Blog Orang Lain alias jadi Blogger Kepo. Oke kita mulai guys…

Kepo’ adalah Bahasa satu bahasa yang digunakan oleh suku Kepoq di areal pulau Flores. Bahasa ini merupakan rumpun bahasa Austronesia. biiiiib stop! bukan ini yang kita maksud.

Kepo adalah satuan kata dari bahasa Hokkian yang diartikan sebagai “Nenek-nenek Banyak Tanya“. Ok lumayan nih, lanjut…

Kepo juga mungkin berasal dari kalimat bahasa inggris yang diambil setiap huruf diawal katanya, Knowing Every Particular Object. Yang kira-kira artinya “Mau Tau Aja” gitu…

Oke sip biar klop jadi kita ambil definisi yang kedua dan ketiga yah. Entah bagaimana asalnya tapi kan setidaknya memiliki makna seperti itulah.

Sebetulnya ide postingan ini berawal dari seiprit bahasan dari blog tetangga kita DigitalPoin.com. Tepatnya didalam artikelnya yang berjudul 10 Tujuan Melakukan Blogwalking Untuk Blog.

Poin ke sembilan dari 10 tujuan tersebut adalah “Mengetahui Rahasia Blog Orang Lain“. Hohooo jujur sekali bukan ?

Blogger Kepo Dengan Rahasia Blog Orang Lain

Yak sebagian dari kita pasti ada saja yang suka melakukan hal tersebut, termasuk Aorlin juga sih. Hayo ngaku… Terus bagaimana metode kepo yang dipraktekkan oleh sobat sekalian? Komen yah yah yah.

Motivasi Blogger Kepo

Segala sesuatunya tentu ada maksud dan tujuan, sejauh yang Aorlin rasakan sendiri, berikut 3 motivasi kepoin blog tetangga sebelah:

  1. Informasi terkait Blog nya biar jadi panutan.
  2. Informasi siapa pemiliknya biar nambah teman.
  3. Informasi lain-lain, ini murni kepo banget.

Intinya sih penasaran saja, tapi kan dengan mengetahui lebih banyak maka itu bisa dijadikan semacam rujukan ataupun materi perbandingan.

Baca: Blogwalking Berkualitas, Biar Semangat Ngeblog

Terkait dengan informasi pemilik nya pastilah yang wajar-wajar saja. Seperti halaman About, akun sosmed, email dan nomor WA dan gitu-gitulah.

Dan untuk yang lain-lain juga tergantung kondisi yang ditemui dilapangan, weeew. Jadi disini Aorlin hanya akan membahas poin pertama saja yakni:

Cara Kepoin Rahasia Blog Tetangga

Metode kepo yang akan Aorlin paparkan disini merupakan metode lawas yang hingga sekarang masih terus digunakan. Wkwkwk

Hanya alat tempurnya saja yang diupgrade sesuai jamannya. Dan langsung saja beginilah kiranya:

Mengetahui Level dan Kualitas Blog Orang Lain

Ini penting nih, sebelum kita meninggalkan komentarnya, selain dari membaca artikelnya Aorlin juga perlu mengetahui level dan kualitas Blognya.

Dengan itu Aorlin mendapatkan sedikit gambaran tentang penggunaan kata dan kalimat yang tepat ketika berkomentar.

Kalo levelnya setara atau [maaf] dibawah sih kita slow aja, nah kalo ternyata levelnya jauh diatas kita?, ya makanya gunakan bahasa dan kalimat yang sesuai.

Bisa-bisa komentar kita tak akan diterbitkan sewaktu kena moderasi, dan kita akan dicap spammer selamanya sama sang admin.

Cek Alexa Rank Aorlin.com

Untuk hal yang paling mendasar ini Aorlin menggunakan Chrome Extension sejuta umat yaitu Alexa. Tu seperti gambar diatas, saya rasa sobat sekalian juga tak asing kan dengan Alexa.

Maklum guys, mastah jaman sekarang suka marah-marah soalnya. Kita para newbie yang lemah ini suka nggak dianggep, wkwkwk. Dont baperan dan lanjut….

Mengetahui Umur Blog Orang Lain

Nah ini kalau blognya terlihat mapan dan teratur, Aorlin biasanya penasaran nih, udah berapa lama sih adminnya ngeblog.

Kalau blognya menggunakan domain TLD Aorlin biasanya cek dulu Whois Domain nya di halaman web ICANN, dan PANDI untuk cTLD dot id.

Disana selain informasi tanggal pendaftaran domain, pembaruan dan kadaluarsanya.  Kalau beruntung kita juga bisa mendapatkan info kontak pemilik domainnya.

Cara Menggunakan Wayback Machine

Tapi jika masih kurang puas dan lagi nggak buru-buru, Aorlin bakal cek abis ke halaman WayBack Machine.

Disana kita melihat dan mengaskses rekaman atau salinan blog tersebut di tanggal dan tahun-tahun terdahulu.

Selain dua cara diatas juga kita bisa cek di sidebarnya barangkalai ada widget Arsip atau Label, tinggal klik aja dan lihat tanggal postingan terlamanya. Tapi yaaah rasanya sebagai stalker agak kurang profesional aja sih, wkwkwk.

Mengetahui Blog Blog Yang Dikelolah Sang Admin

Nah yang ini level keponya udah agak keterlaluan dan berasa niat banget guys. Iyalah namanya juga penasaran, tapi caranya kasih tau nggak yah…

Hmm jangan yah… takut, kasih tau woi!, nggak ah nanti disalahgunakan. Yaelah tong ane bukan anak kemaren sore, buruan gimana caranya!!?, Bener nih gabakal macem-macem??

Ok sip kalo gitu Aorlin kasih tau yah, metode ini juga sebetulnya bukanlah metode rahasia para mastah. Semua orang pun bisa melakukannya.  Gini nih caranya:

Cara Stalking BLog Orang Lain

Untuk poin ini Aorlin gamau banyak jelasin yah, cukup dengan gambar diatas saja sudah bisa dipahami kok. Tinggal input dan kita akan mendapatkan blog-blog yang terkait dengan dikelolah akun admin yang sama.

Dan itulah 3 cara mengetahui info blog orang lain versi Aorlin.com. Sebetulnya masih banyak lagi cara ekstrim yang sering Aorlin lakuin, tapi sepertinya cukup 3 itu aja deh.

Daripada kepo sana sini mending kita fokus dan konsisten saja dengan blog masing-masing. Dan biar orang lain saja yang kepoin blog kita, wkwkwk.

Okeh, berhubung ayam mulai bernyanyi, waktunya Aorlin flip off screen laptop. Semoga bermanfaat, dan See ya!

43 KOMENTAR

  1. kini saya juga lebih focus nilis saja. Soal kode-kode saya rasa sudah cukuplah. tidak mau pusing lagi. Dan sepertinya juga sudah puas sengan tampilan tema sekarang. Tapi entah lain waktu, 😀

  2. Kalau alexsa sepertinya sudah barang asing lagi dan jarang di lihat.
    Kalau saya pribadi, karena senang dengan kode html dan script, biasanya yang saya kepoin daleman tema atau template itu sendiri.
    Siapa yang membuat tema, dan kode css nya seperti apa.

  3. Hehehe. Persis seperti apa yg ane lakukan Mbak. Cuman ane keponya diam2. Kalau sy mengunjungi blog baru sebelum sy baca kontennya, sy selalu membaca tentang pemilik blog. Ternyata ane tidak sendiri menjadi Blogger yg kepo. Hehehehe

  4. Saya mau tanya untuk cara terakhir jika ngeceknya menggunakan kode penayang Adsense. Bagaimana dengan penayang yang menerapkan Joint Venture dengan penulis lain untuk menggunakan 1 akun adsense untuk dipakai bersama?

    • Nggak kok, itu merupakan informasi yang memang dapat diakses oleh publik, namun caranya saja yang belum banyak diketahui oelah publik.

      Terimakasih sudah mampir, sukses selalu…
      😉

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here