Biografi Abraham Lincoln & Charles Darwin, 2 Tokoh Berpengaruh Dunia yang Lahir pada Hari yang sama.

137
2
Right Lincoln Darwin Birthday 600
Gambar: Kanan Abraham Lincoln, Kiri Charles Darwind

Hai Sobat Aorlin? Bagaimana Kabarnya? semoga kalian tetap sehat ya, Oh ya kira-kira kali ini admin akan bahas apa ya? Hmm~ Pasti Valentine Day min? sekarang kan tanggal 14 Februari? ohh pastinya enggak dong,, Kita akan Mundur 2 Hari kebelakangnya dan melihat apa sih yang terjadi dengan tanggal tersebut?  Yaps! 12 Februari Kita akan bahas sedikit biografi tokoh-tokoh dunia yang lahirnya barengan dan tepat 2 hari lalu  ( 12 februari ) adalah ulang tahun mereka berdua.

Oke, tak perlu basa-basi lagi. Kita langsung ke topik. Mungkin beberapa orang akan mengetahui 2 tokoh ini setelah melihat tanggal lahirnya atau tau dari cerita guru atau teman.

Kedua tokoh yang kita bahas kali ini adalah tokoh yang lahir pada tanggal dan hari yang sama yaitu 12 februari 1809. Kira-kira siapa ya tokoh berpengaruh dunia tersebut ya?

Biografi Abraham Lincoln & Charles Darwin

BERIKUT 2 TOKOH BERPENGARUH DUNIA YANG TANGGAL KELAHIRANNYA SAMA.

1. Abraham Lincoln

Ah, siapa sih yang nggak kenal bapak pencetus demokrasi Amerika yang satu ini, dengan kata-katanya yang sangat melegenda tentang demokrasi yaitu “demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat”. Tokoh ini sering terpampang pada buku PKn baik SMP atau SMA, khususnya pada bagian yang membahas bab Demokrasi.

Oke, kita korek sedikit tentangnya. Abraham Lincoln adalah presiden amerika ke-16. Lincoln lahir pada 12 februari 1809 di Hardin County, Kentucky, AS. Ia menjabat sebagai presiden amerika serikat pada tahun 1861 dari partai republik.

Lincoln adalah orang yang menentang keras tentang perbudakan, sehingga Ia menang dan terpilih sebagai presiden Amerika serikat melawan Negara Konfederasi Amerika serikat yang pro-perbudakan, pada masa jabatannya ia berhasil menghapus rasime terhadap kaum kulit hitam (Afrika-Amerika) dan mengubah stigma bahwa kaum kulit hitam adalah kaum “rendahan” atau budak sedangkan kaum kulit putih lebih tinggi derajatnya.

Lincoln tewas ditembak oleh John Wilkes Booth pada 14 april 1865 di teaser Ford, Washington. Penembaknya merupakan pemain sandiwara dan juga pendukung Negara Konfederasi Amerika yang menentang Lincoln. Dengan ini pula menjadikan Abraham Lincoln sebagai presiden Amerika Serikat pertama yang tewas karena dibunuh.

Selanjutnya kita akan bahas tokoh ke-2

2. Charles Darwin

Charles Robert Darwin atau lebih dikenal dengan nama Charles Darwin adalah salah seorang pencetus teori evolusi yang banyak menimbulkan pro-kontra di kalangan masyarakat.

Hal ini terjadi perihal darwin yang mengatakan bahwa manusia dan kera berasal dari nenek moyang yang sama. Namun, sebagian besar masyarakat atau beberapa buku salah mengutip sehingga hanya menulis “manusia berasal dari kera” dan menimbulkan konflik di antara kalangan masyarakat itu sendiri.

Terlepas dari itu semua, Darwin adalah seorang sejarawan alam ( Naturalist ), Geolog, dan juga penggiat biologi. Darwin lahir di Inggris pada 12 Februari 1809. Entah karena orang tua Abraham Lincoln dan orang tua Darwin ini janjian untuk membuat mereka pada tanggal yang sama atau ini hanya suatu kebetulan belaka, mereka lahir pada tanggal dan hari yang sama.

Orang tua Darwin bernama Robert Darwin dan Susannah Wedgwood. Ayahnya adalah dokter, ibunya adalah pengusaha besar dan terpandang. Darwin semasa kecilnya sudah merasakan enaknya hidup berduit. Duh, enak ya…

Awalnya Darwin masuk ke kuliah kedokteran, namun karena tak tahan melihat kebrutalan ( saat membedah pasien ) para dokter. Akhirnya ia dipindahkan ke jurusan teologi ( bisa kihat KBBI kalau mau tau artinya ).

Darwin juga merilis sebuah buku yang berjudul ” The Origin of Species”. Sebuah buku yang berisi bukti bahwa ia telah mengembangkan teori evolusi. Dalam mengumpulkan data bukti untuk bukunya, Darwin tidak sendirian, tapi ditemani oleh kru dalam pelayarannya. Pelayaran Darwin dengan HMS Beagle dikenal dengan “The Voyage of The Beagle”

Darwin menikah dengan sepupunya sendiri yaitu Emma Wedgwood dan dikaruniai anak. Beberapa anaknya meninggal dan beberapa lainnya tumbuh secara tidak normal dengan masalah kesehatan. Hal ini diketahui karena pernihakan dengan garis keturunan dekat akan menyebabkan keturunannya mengalami berbagai masalah nantinya, baik masalah kesehatan, fisik, atau masalah saat janin.

Darwin meninggal pada tanggal 19 april 1882. Dan bukunya “The Origin of Species” masih menjadi pro-kontra sampai sekarang ini.

Bagaimana Sobat Aorlin ? Menarik bukan? kira-kira ini sebuah kebetulan atau memang orang tua mereka berdua udah janjian ya? hehehe cocoklogi sih ini.. oke sekian dulu postingan kali ini. Semoga Bermanfaat! Wassalam..

2 KOMENTAR