Belajar Ngeblog Dari Blogger Pertama di Dua Dunia

262
18
Thelegendsuhumastahdewablogger
Thelegendsuhumastahdewablogger
Aorlin.com – Dunia Blogging telah berkembang begitu pesat dan jauh lebih kompleks daripada hanya sekedar tulisan pribadi. Karena itulah Aorlin pikir cukup penting bagi kita semua agar mengetahui darimana semua ini berawal.
Dan Aorlin memutuskan untuk memulai semuanya dengan seorang pria yang dikreditkan sebagai Blogger pertama di dua Dunia, yap Dunia Nyata dan Dunia Internet. Kenapa dia?, hmmm biar kita semua dapat memahami tentang bagaimana cara menjadi seorang Blogger yang sesungguhnya.
Justin Hall | Blogger Pertama Di Dunia
Baiklah, karena postingan kali ini merupakan sejarah dari sesuatu yang sangat besar, juga menyangkut kehidupan seseorang maka Aorlin tak boleh asal-asalan kan. Jadi lebih baik diawal ini Aorlin jelaskan bahwa postingan ini merupakan rangkuman dan juga terjemahan dari halaman website TheBlogStarter.com .
Penulis di halaman tersebut melakukan wawancara secara langsung dengan orangnya yakni The Legend Suhu Mastah Super Dewa Justin Hall empunya Links.Net. Yuk kita simak hasil wawancara antara Colin Schwartz dengan sang anu tadi.

Siapa Blogger Pertama Di Dunia ?

Justin Hall ini merupakan pria kelahiran dan keturunan asli Chicago, pada tahun 1994 beliau meluncurkan sebuah halaman website yang dikenal dengan Justin’s Links From The Underground.
Website tersebut merupakan Weblog Pribadi pertama di planet bumi guys, tentu isinya hanya berfokus tentang kehidupan sang mastah saja. Pengunjung atau pembacanya pun sangat terbatas seputaran keluarga, kerabat dan sohib-sohib sekolahnya saja.
Kala itu, penggunaan Internet publik sedang berada di masa awal perkembangan, jadi pas ada yang kek gini gini pasti ngetren banget guys. Tapi… ada tapinya nih, tren Internet tersebut hanya sebatas lingkungan sekolah, kampus atau perusahaan saja, katanya sih orang luar mah ga bakal ngartik, wkwkwk.
Oke lanjut, naaah ternyata mastah Justin Hall ini tipikal orang yang terbuka guys, sewaktu remaja dia biasa banget tunjukin jurnal atau semacam diary pribadi nya ke orang sekitar. Tapi sebelum baca tu orang dikasih syarat, syaratnya setelah membaca tulisan sang mastah mereka harus menuliskan sesuatu di buku tersebut.
Tuh… persis banget kan??, Udah kebayang kan kalo itulah cikal bakal dunia Web Blogging? Jadi budaya  seperti yang Aorlin bahas sebelumnya itu sudah ada sejak jaman nganu. nggak heran kalau setiap platform blogging pasti menyediakan kolom komentarnya secara default, kecuali Joomla!.
Ketika diwawancarai, sang legend suhu mastah super duper Justin Hall ini sangat santai dan sopan guys, ga ada prilaku nyindir, bully atau marah-marah kek mastah di sekitar kita sekarang ini. Padahal itu yang mewanwancarai dia statusnya newbie sangat tuh kek Aorlin. Oke lanjut…
I Was So Enchanted by the Notion of Personal Honesty on the Internet.
Saya Sangat Terpesona Dengan Gagasan Kejujuran Pribadi Di Internet.
Sambil ngucek mata sang mastah mencoba mengingat hal-hal yang pernah terjadi di awal dia blogging. Yaah namanya tulisan pribadi kan, jadi dia bercerita kalau dia pernah sesekali menuliskan sesuatu yang melanggar batasan pribadi seseorang.

Belajar Ngeblog Dari Blogger Pertama Di Dua Dunia

Namun dia tidak melarikan diri dengan menghapus tulisannya, malahan dia mencoba memperbaiki keadaan secara langsung dengan orang-orang terkait, sehingga orang tersebut pun menjadikan tulisannya sebagai materi introsfeksi dirinya.
Tampilan Blog Lins.Net Tahuun 2004
Menanggapi dunia Blogging saat ini, sang mastah mengatakan “Sekarang ini sulit untuk mengetahui suara pribadi seseorang yang sebenarnya di Internet”. Yap sekali lagi Aorlin setuju itu, dari kalimatnya itu kita bisa mengartikan bahwa dunia Internet saat ini sudah terlalu banyak unsur komersial dari berbagai macam dan jenis jaringan periklanan.
Hmm dari beberapa paragraf info di atas, Aorlin ingin menyimpulkan beberapa poin pelajaran yang terkandung di dalamnya. Ssst ini hanya pendapat Aorlin sendiri yak, beiginilah kiranya:
  1. Blog = Jurnal = Diary = kumpulan tulisan yang ditulis untuk dibaca dan ditanggapi oleh orang lain. Jadi kalo ada halaman blog yang tak bisa diatanggapi itu berarti bukan Blog yang sebenarnya.
  2. Seorang mastah sudah selayaknya bersikap rendah hati, santai dan ramah. Bukan sebaliknya yang suka marah-marah atau cuma menghisap darah para newbie.
  3. Seorang Blogger bertanggung jawab atas apa yang dia tulis, bagaimanapun prosesnya harus dihadapi secara langsung, dengan begitu kita dituntut jujur dan lebih berhati-hati.
  4. Dan yang terakhir adalah, sah-sah saja jika suatu blog mengikuti program atau jaringan periklanan. Yeay!!
Naah cukup yak, kisahnya cukup dan pelajarannya juga cukup, sekian postingan Aorlin mengenai Belajar  Ngeblog Dari Blogger Pertama Di Dua Dunia, Justin Hall versi Aorlin.com. Lain-lain dan sebagainya mari kita bahas di kolom komentar, see ya!

18 KOMENTAR

  1. mas Justin ini dulu ngeblognya pakai apa ya sis… he
    ada satu kutipan yang bagus banget “Sekarang ini sulit untuk mengetahui suara pribadi seseorang yang sebenarnya di Internet”mas Justin.

    • Waktu itu masih jamannya Web 1.0 gan, jadi dipastikan dia langsung tulis html, lengkapnya gini nih biar dia sendiri yang jelaskan.
      Blog Justin Hall

      Terimakasih sudah berkunjung….

    • Iya gan, padahal dari sononya emang sudah berkonsep kek gitu kan. Karena alasan SEO semu, privasi dsb malah gabisa dikomenin.

      Terimakasih sudah mampir…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here