5 Bahaya Menggunakan Charger Palsu pada Smartphone dan Tips Membedakan Charger Asli dengan Charger Palsu

115
2
Ilustrasi Bahaya Menggunakan Charger Palsu Pada Smartphone
Ilustrasi Bahaya Menggunakan Charger Palsu Pada Smartphone

AORLIN.com – Sesuai namanya, charger merupakan alat untuk mengisi ulang baterai, terutama pada smartphone. Pada umumnya, charger sudah tersedia secara langsung saat kita membeli smartphone. Tentu saja charger ini aman untuk digunakan, karena telah disesuaikan dengan smartphone itu sendiri.

Namun, ada kalanya charger yang kita gunakan mengalami penurunan performa, atau bahkan rusak. Solusinya, anda bisa membeli charger asli secara terpisah.

Charger tersebut bisa dibeli di toko online maupun konvensional.

Saat ini, beberapa oknum nakal memanfaatkan keadaan tersebut untuk membuat charger palsu/KW. Charger tersebut biasanya memiliki bentuk atau merk yang sama dengan smartphone tertentu.

Tetapi dijual dengan harga murah, bahkan jauh dibawah harga charger standar.

5 Bahaya Menggunakan Charger Palsu pada Smartphone

Ilustrasi Bahaya Menggunakan Charger Palsu
Ilustrasi Bahaya Menggunakan Charger Palsu

Lalu, apa dampak yang ditimbulkan jika menggunakan charger Palsu pada Smathphone? Berikut pembahasanya. yuk disimak 🙂

1. Merusak Baterai (Bahaya Menggunakan Charger Palsu pada Smartphone)

Bahaya Menggunakan Charger Palsu pada Smartphone yang pertama adalah merusak beterai, Komponen pertama yang beresiko mengalami kerusakan saat menggunakan charger palsu adalah baterai. Hal ini dikarenakan, daya dari charger palsu/kw biasanya tidak sesuai dengan yang dibutuhkan smartphone.

Berbeda dengan charger bawaan yang sudah disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan smartphone.

Jika menggunakan charger palsu, tetapi mengalami peningkatan kecepatan pengisian, maka anda harus waspada. Hal ini bisa memicu baterai kembung, karena output dari charger lebih besar dari yang dibutuhkan smartphone.

Baterai yang kembung/bengkak juga akan mengalami penurunan masa pakai.

2. Merusak Smartphone

Selain baterai, menggunakan charger palsu juga sangat berpotensi menimbulkan kerusakan pada smartphone.

Penggunaan harger palsu bisa memicu peningkatan arus tegangan pada smartphone menjadi tinggi.

Charger palsu juga bisa membuat komponen pada smartphone lebih cepat aus. Dampaknya, akan menurunkan performa dari smartphone itu sendiri.

Charger asli biasanya memiliki fuse yang akan terbakar ketika kelebihan beban, sehingga bisa meminimalisir kerusakan pada smartphone.

3. Meningkatkan Resiko Overheating

Bahaya Menggunakan Charger Palsu pada Smartphone berikutnya adalah Meningkatkan Resiko Overheating, Overheating atau panas berlebih, merupakan masalah yang serinh terjadi pada perangkat elektronik, termasuk smartphone.

Jika anda menggunakan charger palsu/KW maka resiko overheating juga akan semakin meningkat. Output yang tidak sesuai, berpotensi membuat komponen pada smartphone memanas dan terjadinya overheating.

Lebih mengerikan lagi, biasanya charger palsu menggunakan material yang tidak tahan panas.

4. Meningkatkan Resiko Tersengat Listrik

Bahaya lain dari menggunakan charger palsu/KW adalah bisa menyebabkan tersengat listrik. Hal tersebut bisa terjadi karena umumnya, charger palsu/KW tidak melewati pengecekan kualitas, apalagi mendapat sertifikat keamanan.

Sehingga resiko terjadinya konsleting atau bahkan sengatan listrik semakin meningkat.

5. Bisa Memicu Baterai Meledak

Bahaya Menggunakan Charger Palsu pada Smartphone yang terakhir yaitu Bisa Memicu Baterai Meledak. Belakangan ini, kasus smartphone meledak cukup sering terjadi. Banyak penyebab yang bisa membuat smartphone meledak.

Salah satunya adalah penggunaan charger palsu/KW. Lagi-lagi, hal ini disebabkan material yang digunakan charger palsu/KW biasanya berkualitas rendah. Ditambah tidak adanya pengecekan kualitas, dan bisa memicu baterai meledak.

Selain merusak smartphone, baterai meledak juga bisa mengancam keselamatan penggunanya.

Tips Membedakan Charger Asli dengan Charger Palsu

Membedakan charger asli (original) dengan charger KW memang susah-susah gampang, berikut tips membedakan charger asli dengan charger palsu.

Bawa Charger Asli

Cara paling mudah, anda bisa membawa charger asli saat membeli charger baru. Tujuanya, untuk mengetahui apakah charger yang hendak dibeli memiliki kesamaan dengan charger bawaan.

Menggunakan Aplikasi Ampere

Anda juga bisa menggunakan bantuan dari aplikasi Ampere. Aplikasi satu ini berfungsi untuk mendeteksi arus yang masuk pada smartphone.

Caranya mudah, cukup instal aplikasi Ampere dan lakukan pengisian. Lalu, samakan angka pada aplikasi dengan yang tertera di charger.

Jika angka yang tertera jauh berbeda, bisa jadi charger tersebut palsu.

Tips selanjutnya, jangan tergiur dengan harga murah. Dan pastikan membeli di toko resmi, baik online maupun konvensional.

Demikian postingan mengenai Bahaya Menggunakan Charger Palsu pada Smartphone dan Tips Membedakan Charger Asli dengan Charger Palsu, semoga bermanfaat.

Jika ada pertanyaan, silahkan tanyakan dikolom komentar.

jangan sungkan juga untuk berikan kritik dan saran Untuk membangun Blog ini yaaaa. terima kasihhh 🙂

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here