6 Aplikasi Gratis Untuk Belajar Coding di PC dan Android

335
5
Aplikasi Untuk Belajar Coding Di Pc Dan Android
Aplikasi Untuk Belajar Coding Di Pc Dan Android

Hallo Sobat Aorlin, selamat datang di blog kece Aorlin.com, Gimana nih kabarnya.. mudah-mudahan baik saja ya πŸ™‚

Coding sering diidentikan dengan aktivitas yang rumit, dan tidak menyenangkan, hal itu membuat belajar coding adalah hal yang menakutkan buat sebagian orang, nah buat anda yang mempunyai kebaranian dan tekat untuk belajar ngoding, di artikel ini Aorlin sudah merangkum beberapa aplikasi yang bisa kamu coba gunakan untuk belajar coding, sebelumnya kita harus tau dulu apa itu Coding.

Apa Sih itu Coding?

Secara umum, coding dapat diartikan sebagai proses menerjemahkan logika (pseudocode), kedalam bahasa pemrograman tertentu.

Singkatnya, coding merupakan aktivitas menulis kode dengan bahasa pemrograman tertentu, agar komputer/perangkat mengerjakan sesuatu sesuai dengan keinginan kita.

6 Aplikasi Untuk Belajar Coding

Karena identik dengan penggunaan kode atau istilah tertentu, maka tak heran kebanyakan menganggap bahwa coding adalah pekerjaan yang rumit.

Meski demikian, bukan tidak mungkin seseorang untuk melakukan hal ini. Asalkan mau belajar dan terus mencoba.

Cemungut ya para calon programer..

Apalagi dengan adanya beberapa aplikasi belajar coding untuk pc dan android berikut ini, yang bisa membantu kamu dalam mempelajari berbagai bahasa pemrograman. yuk disimak…

1. SoloLearn

Aplikasi Solo Learn
Aplikasi Solo Learn

Aplikasi belajar coding yang pertama adalah SoloLearn. Sesuai namanya, aplikasi ini didesain untuk kamu yang ingin belajar coding secara mandiri (otodidak).

Di SoloLearn, kamu bisa mempelajari berbagai jenis bahasa pemrograman. Dari mulai yang berbasis web, seperti HTML, CSS, JavaScript, jQuery, PHP, dan sebagainya.

Juga bahasa pemrograman untuk aplikasi mobile dan desktop, seperti Java, Kotlin, C, C+-+-, C#, Phyton.
SoloLearn juga menyajikan materi/topik pendukung seperti machine learning, algoritma dan struktur data, dan sebagainya.

Aplikasi satu ini, bisa diinstal di perangkat android, ios, atau window phone. Di Playstore (android) sendiri, SoloLearn telah diunduh lebih dari 5 juta download. Dengan ratting 4,8/5 dari 434 ribu ulasan.

2. Programing Hub

Aplikasi Programing Hub
Aplikasi Programing Hub

Hampir sama seperti SoloLearn, Programing Hub juga merupakan aplikasi yang memungkinkan kamu belajar coding secara otodidak.

Beberapa bahasa pemrograman, yang dapat kamu pelajari di Programing Hub antara lain : HTML, Javascript, Phyton, Java, C#, Swift, Vb.net, jQuery, SQL, dan sebagainya.
Aplikasi ini memiliki >20 program, dengan >5000 contoh program.

Selain itu, Programing Hub juga menyediakan compiler untuk memudahkan kamu saat belajar coding.

Memiliki ukuran sekitar 12 MB, Programing Hub telah diunduh lebih dari 1 juta download (Playstore). Aplikasi ini juga mendapatkan ratting yang cukup baik, yakni 4,6/5 dari 100 ribu ulasan pengguna.

3. Encode

Aplikasi Encode
Aplikasi Encode

Aplikasi belajar coding selanjutnya adalah Encode. Dikembangkan oleh Upskew Pty. Ltd, Encode menyajikan berbagai materi seperti HTML, CSS, dan Javascript.

Memiliki ukuran sekitar 9 MB saja, Encode telah diunduh lebih dari 100 ribu download (Playstore). Jika melihat ulasan pengguna, beberapa mengatakan puas terhadap aplikasi Encode. Maka tak heran, Encode mendapatkan ratting yang cukup baik yakni 4,6/5 dari 4 ribu ulasan.

4. Pocket Code

Aplikasi Pocket Code
Aplikasi Pocket Code

Mungkin aplikasi satu ini bisa merubah pandangan masyarakat terhadap coding, yang dianggap rumit dan membosankan.

Dikembangkan oleh Catrobat, Pocket Code merupakan aplikasi belajar coding yang seru dan menyenangkan. Hal ini dikarenakan, pembelajaran di Pocket Code dikemas dalam bentuk game interaktif.

Hingga saat ini, Pocket Code telah diunduh lebih dari 500 ribu download (Playstore), dan mendapatkan ratting 4,0/5 dari 12 ribu ulasan.

5. Mimo

Aplikasi Mimo
Aplikasi Mimo

Mimo memungkinkan kita belajar bahasa pemrograman, dengan konsep yang mudah dan menyenangkan.

Dikutip dari sebuah sumber, pembelajaran di aplikasi Mimo disajikan dengan alur khusus dengan latihan-latihan kecil.
Beberapa bahasa pemrograman yang bisa dipelajari pada aplikasi Mimo antara lain, Python, Java, HTML, Javascript, Swift, PHP, SQL, C+-, dan sebagainya.

Hingga saat ini, aplikasi Mimo telah diunduh lebih dari 1 juta download (Playstore). Dengan ratting mencapai 4,7/5 dari 112 ribu lebih ulasan pengguna.

5. Programing Hero

Aplikasi Untuk Belajar Coding Programing Hero Aorlin
Aplikasi Programing Hero Aorlin

Sama seperti Pocket Code, Programing Hero juga memungkinkan kamu belajar bahasa pemrograman sekaligus membuat game. Memiliki ukuran sekitar 19 MB saja, aplikasi satu ini telah diunduh lebih dari 100 ribu download (Playstore). Dan mendapatkan ratting 4,9/5 dari 10 ribu ulasan pengguna.

Keseimpulan Aplikasi Untuk Belajar Coding

Di Zaman Teknologi yang sangat cepat kemajuan nya ini kita harus mengikuti alurnya agar bisa bersaing, seperti contohnya, banyak teknologi-teknologi baru yang sudah memasuki aspek kehidupan kita. Program-program aplikasi, banyak bermunculan, yang bahkan dulu tidak pernah terpikirkan kita, dengan aplikasi sekarang semuanya bisa lebih cepat dan mudah.

Kita bisa membaca buku di Hp, kamu bisa melihat map di Hp, Membeli atau menjual barang, bermain game, menonton vidio youtube, semua itu bisa kamu lakukan di hp kita dengan bantuan program aplikasi.

Di balik program aplikasi itu banyak programmer-programmer hebat dan sukses yang membuatnya, nah jika kamu berkeinginan menjadi salah satu dari programmer hebat yang bisa menciptakan aplikasi atau game keren, mulailah belajar sekarang!!

Baca Juga : Proses Pengelolahan Minyak Bumi

Demikian informasi mengenaiΒ Aplikasi Belajar Coding Gratis untuk PC dan bisa juga digunakan di Android semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua ya..Terima kasih πŸ™‚

Guest Post : Priant Taruh

0

5 KOMENTAR

  1. Wahhh nambahin nih, biar makin fun pas belajar ada juga game yang temanya coding gitu.. Saya biasa juga seneng main game itu hha :D. Alamat URL nya: www. code. org, di game ini juga ada step by step untuk belajarnya, dan kalo nda salah kalau selesai bisa dapat sertifikat gitu πŸ˜€

  2. Wah, lama banget gak belajar ngoding lagi sejak main di Codecademy, enak yah sekarang bisa lewat hape. Pocket Code keliatannya seru tuh, kayak main game modelnya.