Apa Pengertian dan Perbedaan SERP Dengan SEO

322
21
Perbedaan Serp Dengan Seo
Perbedaan Serp Dengan Seo

Perbedaan SERP Dengan SEO – Sekarang ini, dalam upaya mendapatkan informasi kita semua begitu terbantu dengan adanya Search Engine. Dan mengoptimalkan aktifitas tersebut kita akan menemukan banyak sekali istilah.

Ya diantaranya adalah SERP dan SEO, namun beberapa dari kita tak betul-betul mengetahui tentang apa yang dimaksud dengan SERP ataupun SEO.

Untuk itu kali ini kita akan membahas tentang apa itu SERP dan juga apa itu SEO. Dengan mengetahui apa pengertian daripada keduanya, tentu kita dapat membandingkan apa perbedaan antara SERP dan SEO.

Kenapa harus dibedakan? Karena memang kedua istilah tersebut memiliki arti, makna serta fungsi yang berbeda. Walaupun dewasa ini banyak sobat-sobat kita yang menganggap SERP dan SEO itu adalah hal yang sama. Berikut penjelasannya:

Pengertian SERP

Search Engine Result Page atau yang disingkat dengan SERP adalah suatu halaman pada mesin pencari yang menampilkan hasil pencarian berdasarkan dengan kata kunci yang digunakan.

Tentunya jika SERP diartikan secara bahasa tak lain adalah Halaman Hasil Pencarian Mesin Pencari. SERP ini bersifat dinamis tergantung dengan kata pencarian yang digunakan.

Tak hanya Google, SERP merupakan istilah yang digunakan secara umum pada setiap aktifitas mesin pencari seperti Bing, Yandex, bahkan Youtube, Facebook atau semacamnya. Baik itu pencarian konten Web, Mobile, Gambar, Video atau apapun juga.

Misalnya ketika kita ingin mencari sesuatu pada mesin pencari google, lalu kita mengetikkan beberapa kata pencarian kan? setelah menekan enter atau secara otomatis munculah hasil yang kita cari tadi. Nah, halaman hasil pencarian itulah disebut dengan istilah SERP.

Begitu juga ketika kita mencari sesuatu pada kolompencarian web-web lainnya. Seperti mencari teman di facebook, video di youtube dan lain sebagainya. Jadi sudah jelas kan?, setiap halaman yang menampilkan hasil pencarian kita, maka itu lah SERP.

Perbedaan Seo Dengan Serp
Perbedaan Seo Dengan Serp

Pengertian SEO

Search Engine Optimization atau SEO jika kita terjemahkan ke bahasa Indonesia artinya Optimasi Mesin Pencari. Yang dimaksud dengan optimasi mesin pencari adalah serangkaian usaha untuk memaksimalkan suatu konten atau website agar bisa tampil di halaman pencarian atau SERP.

Artinya aktifitas SEO ini tidak dilakukan oleh pengguna atau siapapun secara umum. Hanya para pengembang website lah yang melakukannya sesuai dengan yang ditargetkan.

Jelas kan?, SEO tak dibutuhkan oleh pengguna, hanya pengembang yang membutuhkannya agar konten yang dikembangkan dapat ditemukan oleh pengguna mesin pencari.

Ketika melakukan optimasi mesin pencari atau SEO ini, umumnya mereka menggunakan 2 teknik yaitu:

1. Pengertian SEO Teknik Offpage

Teknik SEO offpage adalah teknik yang dioptimasi mesin mencari yang memanfaatkan sumber daya dari luar website atau konten yang dikembangkan.

Salah satunya dengan mencari dan mendapatkan backlink sebanyak mungkin. Backlink yang berkualitas baik ataupun buruk akan sangat mempengaruhi hasil pencarian terkait suatu konten atau website yang dioptimasi.

2. Teknik SEO Onpage

Sebagaimana namanya, teknik SEO Onpage ini diupayakan dari dalam website atau kontennya sendiri. Umumnya ini mulai dari menentukanΒ nama domain, judul web atau blognya, deskripsi, pemilihan niche dan masih banyak lagi.

Perbedaan SERP dengan SEO

Jadi singkatnya, SERP itu halaman hasil pencarian yang diberikan joleh mesin pencari untuk semua penggunanya. Bersifat dinamis namun tak bisa diganggu gugat, masing-masing mesin pencari memiliki kuasa penuh untuk SERP nya.

Sedangkan SEO adalah upaya yang dilakukan para pengembang untuk memaksimalkan kontennya di dalam SERP. Hmm juga bisa kita katakan sebagai usaha untuk mengendalikan SERP.

Yah kurang lebih begitulah, benar nggak yah?, kalau ada salah atau kekurangn dikoreksi saja bat. Sekian artikel tentang perbedaan SERP dan SEO versi Aorlin.com. πŸ˜‰ See ya!

21 KOMENTAR

  1. Kalau wis berhubungan dengan keduanya ini, SERP dan SEO bawaannya bikin bete, apalagi kalau di SERP selalu hilang timbul hahaa… Gini nih kalau saya masih pemula, bagi dong kakak ilmu patennya πŸ™‚

  2. kita sebagai blogger hanya bisa memaksimalkan di SEO nya aja supaya dapat posisi bagus di SERP, haaa itulah persaingan yang berat karena bersaingan dengan jutaan halaman web lainnya

    • Iyes banget bre, saya juga ala kadarnya aja, malah bisa dibilang ga ada optimasi serius seperti yg banyak di tutorialkan.
      Wkwkwk terimakasih udah mampir, sukses selalu…
      πŸ˜‰

  3. Dulu sih iya seo serp di pikirin karena mempunyai target
    Sekarang untuk seo nya mau pun serp nya standar saja yang penting eksist dulu hihi lambat laun pasti dpt serp yg bagus buat blog kita karena tiap blog berbeda beda serp walau seo nya sama
    Soalnya entahlah skrng setengah pengunjung kayaknya beralih ke media video dari pd artikel

    • Iya mas, salah satunya mungkin benar karena konten video yg saat ini lebih menarik. Namun itu tak menggeser popularitas konten text kok.
      Bisa kita riset melalui fitur google trend, terimakasih sudah mampir, sukses selalu…
      πŸ˜‰

  4. Noted. Paham saya sekarang. Tapi teteup yang namanya SEO itu tidak pernah sekalipun saya cobakan di blog saya hahaha karena tidak paham sama sekali dan males banget πŸ™

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here