Adu Keren 3 Sirkuit Internasional di Indonesia – Antara Sentul, Jakabaring Dan Mandalika

192
0
Aorlin – Adu Fakta Keren 3 Sirkuit Internasional di Indonesia – Antara Sentul, Jakabaring Dan Mandalika – Helloow, akhir-akhir ini tipi lagi gencar-gencarnya beritain tentang sirkuit Mandalika yang rencananya bakal jadi salah satu tuan rumah MotoGP 2021. Walo ga begitu tertarik, Aorlin cukup penasaran juga sih. Jadi tadi abis baca-baca banyak artikel dari beberapa web raksasa Indonesia.
Dan ternyata banyak hal yang baru Aorlin tau, mayan juga sih sekedar nambah pengetahuan. Biar ga ilang dan lupa, dipostingan ini Aorlin bikin semacam rangkuman hal-hal yang menarik terkait 3 Sirkuit Internasional Indonesia. 

Sirkuit Internasional Jakabaring Palembang

Sirkuit Jakabaring dengan lintasan sepanjang 4,3 kilometer dengan 14 tikungan dan trek lurus sepanjang 750 meter, saat ini masih tahap penyelesaian Detail Engineering Design (DED). 
Alex Noerdin, Gubernur Sumatera Selatan dan Ketua Umum IMI Sadikin Aksa sudah bertemu langsung dan membahas masalah sirkuit kepada bos Dorna, Carmelo Ezpeleta, Sabtu (29/10/2016). Sadikin mengatakan, kalau sirkuit ini bakal jadi yang termurah versi Tilke.
“Perkiraan biayanya mencapai 30 juta euro atau tidak sampai Rp 500 miliar. Dana ini masih jauh lebih kecil daripada pembangunan stadion. Rencananya Herman Tilke membuat sirkuit paling murah di dunia tapi dengan spesifikasi setara event MotoGP,” ujar Sadikin, Minggu (30/10/2016). ref: https://go.aorlin.com/surkuit.jakabaring.termurah
“Kami bawa full team, dan akan mempelajari apa yang ada di Sepang. Jika bagus, kami akan aplikasikan, sementara jika itu kekurangan maka akan kami perbaiki,” ujar Alex, Minggu (31/10/2016). Karakter Sirkuit Sadikin Aksa menjelaskan, kalau karakter sirkuit yang aka dibangun adalah high speed. Di mana rata-rata kecepatan kendaraan yang akan melaju di angka 171 kmj. “Setelah desain jadi dan dimasukkan ke hitung-hitungan algoritma Tilke (pembuat desain sirkuit Jakabaring), kecepatannya mencapai 171 kmj, bahkan bisa lebih cepat lagi dari itu.
Sementara untuk top speed-nya di angka 305 kmj,” ujar Sadikin. Sadikin melanjutkan, kalau ini nantinya bakal jadi salah satu dari tiga sirkuit berkarakter “high speed” di dunia. Panjang trek sirkuit Palembang ini 4.314 meter, dengan 14 tikungan, lalu trek lurus terpanjang 750 meter, serta trek start/finish sepanjang 540 meter. ref: https://go.aorlin.com/karakter.sirkuit.jakabaring

Fakta Keren Sirkuit Internasional Sentul Bogor

Foto: Fimela.com
Indonesia terakhir kali jadi tuan rumah MotoGP pada 1997 atau 22 tahun silam di Sirkuit Sentul. Ketika itu, kelas MotoGP masih berformat 500cc. Juara dunia sembilan kali Valentino Rossi tampil sebagai pemenang kelas 125 cc, 
Max Biaggi memenangi kelas 250cc, sedangkan kelas tertinggi dimenangi Tadayuki Okada asal Jepang. Indonesia ingin membangun sirkuit internasional yang lebih bagus daripada Jepang. Indonesia juga ingin menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang memiliki sirkuit berstandar internasional.
Sirkuit Sentul juga dibangun dengan harapan bisa menjadi sirkuit untuk ajang balap mobil internasional, yaitu Formula 1 atau F1. Sayangnya, pihak penyelenggara F1 merasa Sirkuit Sentul masih belum cukup baik, nih.
Tikungan yang ada di sepanjang lintasan dinilai masih terlalu sempit. Panjang lintasan juga dianggap terlalu pendek untuk ajang F1. Walaupun begitu, ternyata Sirkuit Sentul ini pernah digunakan untuk ajang balap motor MotoGP, lo.
Ajang balap motor bergengsi bertaraf internasional ini bahkan tercatat pernah dua kali diselenggarakan di sini, yaitu pada 1996 dan 1997. Pembalap motor legendaris, Valentino Rossi, pernah meraih juara satu di kelas 125cc.
Namun, saat itu, belum ada kelas MotoGP. Kelas MotoGP sendiri baru ada sejak 2002 lalu. Selain MotoGP, Sirkuit Sentul juga pernah digunakan sebagai sirkuit untuk ajang balap mobil A1 Grand Prix. Sirkuit Sentul juga sering digunakan sebagai sirkuit untuk ajang balap lainnya.
Seperti yang tadi sudah Bobo jelaskan, Sirkuit Sentul ini sebenarnya sudah memiliki standar Internasional. Sirkuit ini yang berada di Bogor ini memiliki panjang lintasan sekitar 4,12 kilometer dan lebar lintasan 15 meter.
Sirkuit Sentul ini juga memiliki sebelas tikungan pada lintasan balapnya. O iya, sirkuit ini dinamakan Sirkuit Sentul karena berada di daerah Sentul, Bogor, Jawa Barat. Namun begitu, dalam bahasa Sunda, kata sentul memiliki arti yaitu tumbuhan dan buah kecapi.
Konon, daerah tempat dibangunnya sirkuit ini banyak ditanami pohon kecapi pada zaman dulu. ref: https://go.aorlin.com/JvJZjL

Sirkuit Internasional Mandalika Lombok

Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer menjelaskan, pembangunan street circuit Mandalika merupakan bagian tidak terpisahkan dari pembangunan distrik Sports & Entertainment seluas 131 ha di zona tengah the Mandalika. 
“Selain street circuit sepanjang 4,32 km yang didisain mengelilingi distrik, juga akan dibangun 10 hotel dengan kapasitas sekitar 2500-an kamar/room keys, COEX (Convention – Exhibition) Building, Rumah Sakit dan Water Park berstandar internasional,” ujar Abdulbar dalam keterangan tertulis, Sabtu (23/2/2019).
Terkait biaya Rp 3,6 Triliun yang disebut-sebut, Abdulbar M. Mansoer menegaskan angka tersebut merupakan biaya pembangunan infrastruktur pariwisata di KEK The Mandalika yang difasilitasi oleh Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) sebesar US$ 248,4 juta (setara Rp 3,6 T) melalui program Mandalika Urban & Tourism Infrastructure Project (MUTIP). MotoGP Indonesia akan terasa semakin spesial. Pasalnya, Sirkuit Mandalika akan mengusung konsep sirkuit jalan raya seperti balap Formula 1 yang digelar di Monako dan Singapura. ref: https://go.aorlin.com/biaya.bangun.mandalika

Desain sirkuit Mandalika 

Investor untuk pembangunan distrik ini adalah Vinci Construction Grands Projets (VCGP), anak usaha Vinci, sebuah perusahaan berskala global asal Prancis yang bergerak di bidang desain, pembiayaan, pembangunan dan operasional proyek-proyek infrastruktur dan fasilitas besar di seluruh dunia. 
Sirkuit Mandalika akan memiliki lintasan sepanjang 4,32 kilometer dengan 18 tikungan dan hanya satu lintasan lurus. Untuk sarana penunjang, Sirkut Mandalika akan dibangun area paddock dengan 40 garasi untuk operasional tim-tim peserta dan memiliki kapasitas 93.200 tempat duduk bagi penonton. Selain itu, adapun 138.700 area tanpa tempat duduk dan hospitality suites, yang mampu menampung 7.700 penonton.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here