7 Website Untuk Mengkompres Gambar JPEG Sampai 200kb

110
12
Ilustrasi 7 Website Untuk Mengkompres Gambar Jpeg Sampai 200kb
Ilustrasi 7 Website Untuk Mengkompres Gambar Jpeg Sampai 200kb

AORLIN.com – Proses kompresi bertujuan untuk mengoptimalkan ukuran suatu file, agar lebih ringan dan memiliki ukuran yang lebih kecil.

Berbagai tipe file yang bisa dikompresi seperti video dan gambar. Untuk melakukan kompresi pada gambar, anda bisa memanfaatkan berbagai software yang tersedia.

Baik itu yang bersifat online ataupun offline.
Jika anda malas menginstal software tambahan, saat ini telah banyak website yang menawarkan fitur kompres gambar.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang website untuk mengkompres gambar, terlebih dahulu saya akan menjelaskan tentang manfaat melakukan kompresi pada gambar.

Seperti yang kita ketahui, tujuan utama dari melakukan kompresi pada gambar adalah untuk menghasilkan ukuran yang lebih kecil dan optimal. Proses kompresi dapat mengoptimalkan gambar hingga 90%. Jika ukuran sebelumnya sekitar 2 MB, bisa dipangkas hingga 200 kb saja.

Melakukan kompresi pada gambar juga bisa meningkatkan kecepatan loading dari website/blog anda. Hal ini dikarenakan, ukuran gambar yang ringan dan dapat dimuat dengan waktu yang singkat.

7 Website Untuk Mengkompres Gambar

Untuk anda yang penasaran tentang Website Untuk Mengkompres Gambar, berikut informasinya. langsung aja disimak 🙂

1. Mengkompres Gambar dengan Compressor.io

Sesuai namanya, Compressor.io merupakan website yang menawarkan layanan untuk mengkompres gambar.

Memiliki tampilan website yang menarik serta mudah digunakan, Compressor.io diklaim bisa mengompres gambar hingga 90%. Compressor.io sendiri mendukung hampir seluruh format, seperti PNG, GIF, SVG, JPEG, dan format lainya.

Ukuran gambar maksimal yang bisa dikompres menggunakan Compressor.io sekitar 10 MB. Ukuran yang cukup besar dibandingkan website sejenis.
Sayangnya, Compressor.io tidak memiliki fitur multi upload. Jadi, jika anda ingin mengompres banyak gambar, harus diupload satu per satu.

2. Optimizilla

Website selanjutnya untuk mengompres file adalah Optimizilla. Website ini bisa mengompres hingga 20 gambar sekaligus.

Optimizilla juga menggunakan algoritma khusus agar bisa mengecilkan ukuran gambar, tetapi tetap mempertahankan kualitas gambar itu sendiri.

Optimizilla menyediakan fitur preview yang bisa digunakan untuk melihat gambar sebelum didownload.

Dari segi tampilan, website Optimizilla cukup menarik dan mudah digunakan. Format gambar yang didukung Optimizilla antara lain, JPEG dan PNG.

3. Compressjpeg

Compressjpeg merupakan website untuk mengompres gambar yang sering saya gunakan. Kelebihan dari website ini adalah cara penggunaan yang mudah, serta bisa mengompres hingga 20 gambar sekaligus. Compressjpeg sendiri mendukung gambar dengan format PNG dan JPEG. Selain itu, website ini juga bisa digunakan untuk mengompres file PDF.

Yang menarik dari Compressjpeg adalah anda bisa mengunduh gambar hasil kompresi dalam format zip. Sehingga akan lebih mudah dibandingkan mengunduh gambar satu per satu.

4. Shortpixel

Shortpixel juga merupakan website untuk mengompres gambar dengan fitur yang tidak kalah menarik. Mendukung berbagai format file seperti JPG, GIF, dan PNG. Shortpixel sendiri memiliki tiga level kompresi yang bisa dipilih. Seperti Lossy, Glossy, dan Loseles. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan.

Ukuran gambar maksimal yang bisa dikompresi Shortpixel sendiri sekitar 10 MB. Shortpixel juga bisa tersedia dalam bentuk plugin WordPress.

5. TinyPNG

TinyPNG adalah situs images compressor yang bisa mengompres hingga 20 gambar sekaligus. Ukuran maksimal di TinyPNG sendiri sekitar 5 MB. Website ini diklaim mampu melakukan kompresi pada gambar hingga 70%. Mengusung konsep ‘Drag and Drop’ membuat penggunaan TinyPNG menjadi lebih mudah.

Selain dalam bentuk aplikasi, TinyPNG juga dapat diinstal dalam bentuk plugin WordPress dan Magento.

6. IloveIMG

Jika anda mencari website untuk mengompres gambar yang memiliki fitur lengkap, mungkin IloveIMG bisa menjadi pilihan. Karena, selain melakukan kompresi pada gambar, IloveIMG juga memiliki fitur lain seperti resize image, crop image, watermark image, dan tools lain seputar fotografi.

IloveIMG sendiri mendukung berbagai format file seperti JPG, PNG, dan GIF. Cara penggunaan dari IloveIMG juga cukup mudah dan simple.

Nahh itu dia gaes, 7 Website Untuk Mengkompres Gambar dengan online, semoga bermanfaat yaaa 🙂

Jika kamu suka dengan blog sederhana ini silahkan berikan kritik dan saran di komentar untuk saya membangun blog ini agar bisa bermanfaat untuk banyak orang, terima kasih 🙂

12 KOMENTAR

  1. Saya dulu Compressjpeg yang sering saya gunakan, itu saat jaringan internet masih 2G
    Tapi kini saya hampir tidak pernah mengompres image lagi, jika terpaksa paling dengan aplikasi photoshop.
    saya lebih suka unggah hasil apa adaanya, sebab saat nanti di donwload ulang hasilnya masih bagus dan sempurna.
    Beda dengan hasil kompresan, jika di donwload, aduh benar-benar kecewa.

  2. Malam mba Aorlin.. Maaf br nongol saya… Kebetulan sy tuh tadinya ga terlalu ngeh dengan fungsi compress gbr ato foto… Wk wk…blogger ko ga ngerti apa” 😁 Tiap insert gambar ga pernah di kutak” alias ga pernah compress gitu.. Tp belakangan ini udh downld apknya aja yg gampang dan udh mulai sy gunain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here