10 Tips Untuk Jaga Kesehatan Saat Ngeblog

227
10
Ilustrasi Tips Untuk Jaga Kesehatan Saat Ngeblog
Ilustrasi Tips Untuk Jaga Kesehatan Saat Ngeblog

Tips Untuk Jaga Kesehatan Saat Ngeblog – Ngeblog merupakan aktifitas yang dilakukan cukup lama di depan layar monitor, apalagi bagi yang sudah menjadi ngeblog sebuah profesi utama maka ngeblog bisa 8-10 jam dalam sehari.

Apalagi bagi anda yang mengurusi blog sendiri maka ngeblog dengan waktu lama pun serasa tak cukup, hehehe. Kalau saya sendiri biasanya hanya 2-3 jam sehari itu juga tidak ngeblog semua terkadang membuka facebook, dll.

10 Tips Untuk Jaga Kesehatan Saat Ngeblog

Dengan bermain di layar monitor yang cukup lama tentu ini bukan hal yang baik karena bisa menggangu kesehatan anda khususnya kesehatan mata anda.

Nah pada kali ini AORLIN akan membagikan tips untuk menjaga kesehatan tubuh kita saat ngeblog dalam waktu yang cukup lama, dan terus-menerus, Berikut Tips Untuk Jaga Kesehatan Saat Ngeblog, Yuk disimak!

1. Buat Jadwal Untuk Ngeblog

Tips Jaga kesehatan saat malukan aktivitas blogging yang pertama yaitu Buat Jadwal Untuk Blog, Hal Ini sangat penting, saya sendiri biasanya maksimal hanya 1 kali dalam sehari dan rata-rata hanya bermain 2 jam saja.

Lakukan hal-hal yang penting saja, agar anda bisa melakukan banyak hal dengan sedikit waktu. Fokus ngeblog jangan tergoda oleh hal-hal lainnya seperti game, ataupun sosial media seperti facebook. Dengan begini maka waktu blog anda bisa anda pangkas menjadi lebih sedikit. *

Walaupun terkadang Facebook adalah salah satu penghambat saya membuat artikel, karena asik melihat Postingan para Mastah di Grup Blogger, heheh

2. Atur Kecerahan Layar Monitor

Layar monitor yang terlalu terang atau terlalu gelap juga tidak baik untuk mata, ini membuat mata anda berkerja lebih keras. Anda bisa mengatur kecerahan layar agar sesuai dengan mata anda agar mata anda tidak sakit dan cepat lelah.

3. Gunakan Screen Protector Pada Layar Monitor

Tips Untuk Jaga Kesehatan Saat Ngeblog berikutnya adalag Gunakan Screen Protector pada layar Monitor Pc atau Laptob anda.

Screen protector / Pelindung layar ini berguna untuk mengurangi radiasi yang dipancarkan oleh layar monitor anda.

4.  Atur Jarak Mata ke Monitor

Ilustrasi Tips Untuk Jaga Kesehatan Saat Ngeblog Atur Jarak Mata Ke Monitor
Ilustrasi Tips Untuk Jaga Kesehatan Saat Ngeblog Atur Jarak Mata Ke Monitor

Normalnya jarak mata dengan layar monitor adalah 45 cm jangan terlalu dekat atau jauh agar mata anda tidak cepat sakit.

Posisikan juga layar monitor agar sejajar dengan mata anda, tidak terlalu rendah atau tinggi agar leher anda tidak pegal. Posisi badan juga ketika di depan monitor tegak.

5. Istirahatkan Mata Sejenak Ketika di Depan Monitor

Jangan hanya memandangi layar monitor anda paling tidak istirahatkan mata anda setiap 20 menit sekali ketika di depan layar monitor, istirahat sejenak dengan cara melihat objeck lain selain monitor misal tanaman hijau atau birunya langit selama 20 detik saja.

Rutinlah juga untuk berkedip ketika di depan layar monitor agar mata anda tidak kering.

6. Gantilah Layar Monitor CRT dengan LCD

Layar monitor CRT adalah layar monotir tabung ini menghasilkan gambar berkedip dan memancar banyak radiasi yang tidak baik untuk mata, ganti saja ke layar LCD pilihlah ukuran yang cukup besar (19 inci atau lebih) agar mata anda lebih nyaman melihatnya.

7. Jangan Bermain Komputer / Laptop / Notebook di Tempat Gelap

Melihat layar monitor di tempat gelap akan mengakibatkan mata anda berkerja lebih keras, mata anda akan perih, tegang, dan cepat lelah.

8. Gunakan Obat Tetes Mata Bila Perlu

Terlalu lama di depan layar monitor membuat mata anda merah dan kering maka anda bisa menggunakan obat tetes mata.

9. Perbanyak Makan Buah dan Sayur

Ilustrasi Tips Untuk Jaga Kesehatan Saat Ngeblog Makan Buah Dan Sayur
Ilustrasi Tips Untuk Jaga Kesehatan Saat Ngeblog Makan Buah Dan Sayur

Anda juga harus memakan buah dan sayur yang baik untuk menjaga kesehatan mata untuk buah adalah buah tomat yang mengandung vitamin A, dan sayuran yang mengandung banyak vitamin A seperti bayam, dan wortel.

Saya sendiri juga suka minum jus wortel.

10. Perbanyak Istirahat

Tips Untuk Jaga Kesehatan Saat Ngeblog yang terakhir yaitu Perbanyak Istirahat. Istirahat ini sangatlah penting agar badan anda lebih fresh, janganlah begadang hanya untuk blog.

Saya sendiri biasanya setelah saya pulang sekolah saya biasakan tidur siang terlebih dahulu baru setelah bangun baru ngeblog lagi, ya agar pikiran lebih jernih, dan fresh sehingga ngeblog jadi lebih maksimal kerjanya.

Nahh.. Itulah dia ada 10 Tips Untuk Jaga Kesehatan Saat Ngeblog, selain cara diatas anda juga wajib periksa mata ke dokter minimal 3 bulan sekali, tips diatas bedasarkan pengalaman saya sendiri dan search dari google.

Semoga Tips Untuk Jaga Kesehatan Saat Ngeblog bisa bermanfaat untuk anda semuanya.

Buat temen-temen yang sedang mencari Kamera Vlog Terbaik bisa mampir ke blog temen kita Multimedialy.com

10 KOMENTAR

  1. Tips-tips ini nggak cuma berlaku untuk blogger. Pegawai kantoran yang kerjanya cuma di depan komputer juga perlu tahu. Kecuali yang nomer 1, ya. Soalnya jadwal menatap layar komputernya ya 8 jam sesuai jam kerja kantoran. Tips makan buah dan sayur itu penting banget.

  2. that’s a good information…… cocok banget nih informasi buat kita yang punya profesi sampingan sebagai blogger. apalagi lagi bagi saya pribadi yang notabene merupakan karyawan kantoran yang setiap harinya berhadapan langsung dengan Compi…. thanks mbak. salam blogger 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here